Sakit adalah Ujian yang Mendatangkan Pahala

Tidak ada orang yang suka tertimpa penyakit. Siapapun pasti menghendaki agar senantiasa dalam keadaan sehat. Karena kegembiraan hati ketika sehat adalah sunnatullah.

Sebenarnya sehat dan sakit itu sama. Sebagaimana halnya susah dan sedih, gembira dan bahagia, kaya dan miskin. Semua nya merupakan ujian dari Allah SWT bagi orang yang menerimanya. Karena manusia selalu diuji dalam hal yang ia sukai atau yang tidak disukainya.

Hikmahnya orang yang sedang sakit
Karena sakit itu adalah semacam ujian dari Allah, maka ujian itu juga merupakan sunnatullah yang mengandung rahmat dan hikmah.

Sabar menghadapi penderitaan
Manusia selalu diikuti dengan ujian dan bermacam cobaan dengan segala konsekuensinya dan akibatnya. Konsekuensi kesedihan adalah sabar dan konsekuensi kesenangan adalah syukur. Semuanya itu menurut kehendak dan ketetapan Allah SWT. Ini harus dibuktikan dengan iman dan diikuti dengan kesabaran. Karena apabila seseorang benar-benar beriman maka semua urusannya merupakan kebaikan dan menjadi ibadah. Bagi seriap orang yang memperoleh kesenangan maka hendaklah diterima dengan rasa syukur. Apabila mendapat kesusahan, maka hendaklah diterimanya dengan penuh kesabaran, karena hal itu merupakan kebaikan baginya.

Yang dimaksud dengan musibah adalah segala problema yang bisa dirasakan ketika menimpa manusia. Bahkan apa saja yang menimpa Anda dan menyusahkan adalah merupakan musibah. Karena bahwasanya manusia perlu mendapat ujian dan cobaan berupa musibah.
Previous
Next Post »