Jenis-Jenis Dinosaurus


Tyrannosaurus rex (Tyrannosaurus, arti 'kadal yang kejam' / rex, arti 'raja) merupakan salah satu jenis dinosaurus karnivora yang terbesar. T-rex dapat tumbuh sepanjang 12,5 meter (sekitar 40 kaki)dan berat mencapai 4-7 ton . 

Dinosaurus ini memangsa dinosaurus herbivora besar sepertitriceratops dan edmontosaurus yang merupakan herbivora terbesar di saat itu. Selain itu tyrannosaurus juga diketahui memiliki salah satu gigitan terkuat dibanding hewan darat lain yang pernah ada.

 

Ornithomimus (/ˌɔrnɨθɵˈmaɪməs/; "bird mimic") is a genus of ornithomimid dinosaurs from the Late Cretaceous Period of what is now North America. It is usually classified into two species; the type species, Ornithomimus velox, and a referred species, Ornithomimus edmontonicus.


Seismosaurus adalah sejenis dinosaurus sauropoda (dinosaurus berleher panjang) dari genus Diplodocus. Panjangnya mencapai 60 meter,dan diakui sebagai binatang terpanjang yang pernah hidup di muka Bumi.Beratnya sekitar 125 ton.Dinosaurus ini hidup di Amerika Utara pada periodeJurassic akhir, sekitar 155.000.000 tahun sebelum Masehi. Seismosaurus berasal dari bahasa Latin dan Yunani yang berarti"kadal gempa bumi"karena binatang ini begitu besar dan jika berjalan kemungkinan akan menghasilkan getaran seperti gempa bumi.

 

Compsognathus adalah jenis dinosaurus kecil yang menyerang secara berkelompok seperti Velociraptor. Kelompok Compsognathus jauh lebih banyak daripada Velociraptor, karena tubuh mereka jauh lebih kecil. Strategi kelompok Compsognathus lebih agresif daripada Velociraptor. Mereka tidak menggunakan pengalih perhatian, melainkan bantuan tambahan di belakang mereka yang sudah siap siaga. Compsognathus, Velociraptor, dan Tyrannosaurus memiliki bentuk yang mirip, tetapi mereka memiliki jenis yang berbeda. Dinosaurus ini merupakan dinosaurus yang paling kecil dengan panjang 60 cm dan hanya sebesar ayam. Hidup pada zaman Jurassic akhir sampai dengan awal Cretaceous.


Velociraptor (arti 'pencuri yang gesit') adalah sejenis pemangsa seperti Tyrannosaurus, hanya berbadan lebih kecil dan biasa hidup berkelompok. Strategi menyerang mereka lebih pintar daripada dinosaurus lainnya. Mereka menggunakan penarik perhatian untuk mengalihkan perhatian mangsa mereka, yang sebenarnya mangsa mereka telah dikepung.

Camptosaurus
Stegosaurus
Apatosaurus
Previous
Next Post »