Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia

Dalam kehidupannya, manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan. dimulai dari sejak manusia masih berupa zigot sampai menjadi janin dalam kandungan. Setelah lahir, manusia akan berubah anak-anak, remaja, dewasa, hingga tua. 

A. Tahap/proses pertumbuhan dan perkembangan
Secara umum dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Masa pembuahan sampai lahir dimulai dari proses peleburan sel sperma dengan dengan sel kelamin betina (ovum). Pembuahan terjadi di oviduk menghasilkan zigot, kemudian zigot berkembang menjadi embrio, dan kemudian menjadi janin

 


















2. Masa setelah lahir
Balita
Bayi mempunyai kaki namun belum bisa berjalan dan mempunyai tangan namun belum dapat memegang dengan baik. Bayi memperoleh makanan dan minuman dari ASI (air susu ibu). Seiring dengan bertambahnya usia, organ-organ pada bayi juga akan berkembang.
Pada usia 1 atau 2 tahun, bayi akan mulai belajar berjalan dan mengendalikan fungsi anggota tubuh lainnya seperti tangan, kepala, mulut. Organ-organ tersebut akan semakin matang pada saat usia anakanak. Pada saat usia masuk sekolah (sekitar usia 5 tahun)

Anak-anak 
Masa anak-anak, yaitu usia 5 hingga 12 tahun. Dalam periode ini, pertumbuhan fisik mulai meningkat baik tinggi badan maupun berat badan disertai perkembangan koordinasi otot-otot dan kemampuan mental. Beberapa anak dapat membaca angka-angka dan huruf-huruf tertentu.

Di atas usia ini, anak telah berkembang dalam kemampuan berbicara, menulis, membaca, dan beralasan. Pada usia yang sama, anak telah matang emosinya dan belajar bagaimana bergaul dengan orang lain.

Remaja
Masa remaja awal, 12 - 15 tahun
Masa remaja pertengahan, 15 – 18 tahun
Masa remaja akhir, 18 – 21 tahun

Masa pubertas remaja ditandai dengan adanya ciri-ciri seks sekunder.
Ciri sek sekunder pada laki-laki :
a.tubuh semakin besar dan tinggi
b.tumbuh rambut pada daerah tertentu misal kumis, jenggot, jambang, dan dada
c.dada membidang
d.suara besar
e tumbuh jakun
f. mimpi basah (keluarnya sperma)

Ciri sek sekunder pada perempuan :
a.payudara membesar
b.pinggul membesar

Dewasa
Setelah melewati masa remaja, akan memasuki masa dewasa sebagai tahapan selanjutnya dari perkembangan manusia. Pada masa ini pertumbuhan tubuhmu mencapai ukuran maksimal. Tinggi badan akan terhenti pada usia sekitar dua puluh tahunan.
Selama masa dewasa, pemahaman emosional akan terus berkembang, berpotensi untuk terus belajar, mengembangkan diri dalam hal keterampilan, dan aktualisasi diri, bekerja, membina hubungan sosial, dan terus berprestasi.

Tua
Segala potensi pada masa dewasa akan mengalami kemunduran ketika memasuki masa tua. Ini terjadi pada usia sekitar 60 – 65 tahun. Tubuh semakin rentan, wajah dan tangan mulai keriput, kesehatan menurun, kecerdasan menurun.

Bahkan pada usia lanjut orang mudah lupa dan membutuhkan banyak istirahat, sehingga lebih banyak menghabiskan waktunya untuk beristirahat. Pada masa ini aktivitasnya menurun dan mulai sulit melakukan kegiatan sehari-hari, seperti berjalan dan aktivitas seperti biasanya.

 

Previous
Next Post »