Sejarah dan Perkembangan Internetwork

Secara pengertian umum internet adalah kumpulan orang orang dan jaringan komputer yang saling terhubung dan dapat saling berkomunikasi. Adanya Internet bermula dari suatu proyek ARPA yang disebut ARPANET. (Advanced Research Project Agency Network). Tujuan awal dibangunnya proyek ini adalah untuk keperluan militer yang digunakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini bermula pada tahun 1968. Departemen tertarik untuk mengembangkan suatu jaringan komputer yang dapat digunakan untuk membawa pesan militer, menghindari informasi terpusat jika sewaktu-waktu terjadi perang nuklir. Proyek inilah yang menjadi konsep munculnya Internetwork atau internet. Pada tanggal 1 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP menjadi TCP/IP. Peristiwa ini merupakan awal dari internet yang kita kenal. Pada tahun 1990an, internet berkembang dan mulai dipakai menyambungkan jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia.

Manfaat internet pun terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Manfaat dari internet adalah :

1. Komunikasi
  
Komunikasi di Internet dapat terjadi sangat mudah, dan super cepat, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Hal ini dikarenakan jangkauan internet telah meng-global. Asal kita mengetahui alamat seseorang atau lembaga di internet, kita dapat mengirim informasi kapan saja dan kemana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat dan cara yang sangat mudah. Internet juga dapat menghemat biaya komunikasi yang harus dikeluarkan.

2. Informasi
 
Gabungan seluruh informasi di internet sangatlah luar biasa. Internet merupakan sumber informasi yang melimpah (hampir tanpa batas) yang terus berkembang seiring dengan makin berkembangnya internet itu sendiri.

3. Kolaborasi
Kolaborasi yang dimaksudkan adalah suatu proses menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama (team-work). Anggota tim dapat terdiri atas berbagai macam ahli dalam berbagai bidang ilmu yang tersebar di seluruh negara di dunia. Internet merupakan media yang sangat membantu proses kolaborasi yang biasanya terhambat oleh ruan dan waktu melalui internet. kita dapat melakukan suatu konfersi dengan berbagai pihak di mana pun mereka berada. Kita bahkan dapat mengerjakan suatu pekerjaan secara bersamaan melalui  
Previous
Next Post »