Perayaan Tahun Baru 2014 di Berbagai Negara

Happy New Year 2014

Perayaan tahun baru dirayakan secara meriah di hampir seluruh negara di dunia. Berikut adalah persiapan perayaan pergantian tahun yang dilakukan berbagai negara :

Australia, Sidney
Di ibukota Australia, Sydney perayaan malam pergantian tahun dipusatkan di jembatan pelabuhan Sydney. Beberapa ton kembang api telah dipersiapkan untuk ditembakkan di udara di sekitar Opera House pada puncak perayaan pergantian tahun. Menurut keterangan Walikota Sydney, Clover Moore, pesta kembang api malam pergantian tahun yang bertema 'sinar' tersebut diprediksi akan menarik sedikitnya 1.6 juta warga.

Amerika Serikat, New York Time Square
 
Di negeri Paman Sam, Amerika Serikat, pusat perayaan malam pergantian tahun akan digelar di New York tepatnya di sekitar Time Square. Panggung utama dan panggung pendukung disiapkan untuk lokasi pesta yang akan dihadiri berbagai penyanyi papan atas di AS. Juga disiapkan sebanyak enam ton bahan kembang api dalam tabung berdiameter 3,65 meter yang mengandung 32.000 pijaran. 

Pesta kembang api di Times Square telah dimulai sejak 1904 dan selalu menarik perhatian dari seluruh dunia. Perayaan tahun baru kali ini juga diramaikan dengan aplikasi Malam Tahun Baru Times Square yang menyiarkan langsung berbagai pesta. “Anda dapat menonton pes-ta kembang api di Times Square di rumah hanya melalui ponsel,” kata Straus kepada WCBS 880. 

Uni Emirat Arab, Dubai
 
Uni Emirat Arab, Dubai menjanjikan perayaan malam tahun baru yang meriah dan berusaha memecahkan rekor dunia dengan menyelenggarakan 400.000 kembang api. Itu diklaim sebagai pertunjukan pesta kembang api terbesar di dunia.

Rencananya, pesta kembang api dilaksanakan selama enam menit di dua pulau buatan, The Palm Jumeirah dan The World. Seperti dilaporkan AFP, pertunjukan kembang api itu disiapkan oleh 200 teknisi. Kembang apinya diluncurkan dari 400 titik sehingga menghasilkan 400.000 kembang api yang bertebaran di angkasa.

Sejak beberapa tahun lalu, Dubai memang menjadi lokasi yang dipertimbangkan oleh banyak orang untuk merayakan malam tahun baru. 

Inggris, Sungai Thames
 
Di Inggris, pusat perayaan pergantian tahun di pusatkan di sepanjang sungai Thames dengan puncak perayaan adalah dibunyikannya lonceng jam raksasa Big Ben yang menjadi ikon ibu kota London.
 
Indonesia, Bundaran HI
 
Perayaan tahun baru di Indonesia berpusat di kawasan Bundaran HI. Malam tahun baru akan digabung dengan Jakarta Night Festival yang akan semakin memeriahkan tahun baru kali ini.

Brazil, Rio de Janeiro
Lain lagi perayaan tahun baru di Rio de Janeiro Brazil. Otoritas pariwisata setempat memprediksi sebanyak 2.3 juta orang yang satu pertiga di antaranya adalah turis, akan memadati pusat perayaan pergantian tahun di pantai Copacabana untuk menikmati kembang api dan pegelaran musik. Rio de Janeiro mengusung tema 'romantis' dalam peryaan malam nanti. 

Afrika Selatan, Cape Town
Di Cape Town Afrika Selatan, pergantian tahun baru akan dimeriahkan dengan konser musik gratis yang dibalut dengan pencahayaan spektakuler. Selain itu, untuk mengenang pejuang anti apartheit yang baru saja wafat awal Desember lalu, Nelson Mandela, akan digelar pertunjukan 3D berupa proyeksi wajah sang pemimpin di gedung City Hall, tempat di mana Mandela memberikan pidato pertamanya pasca dipenjara selama 27 tahun pada tahun 1990.

Korea Selatan, Seoul
Di Seoul Korea Selatan, malam pergantian tahun akan dirayakan dengan melakukan ritual membunyikan lonceng perunggu dari abad ke-15 sebanyak 33 kali untuk mencerminkan tradisi kuno dalam merayakan tahun baru. 

Singapura, Marina Bay
Singapura, pusat perayaan tahun baru ditempatkan di Marina Bay, dengan pagelaran kembang api dan pelemparan ribuan bola putih ke air yang masing-masing bola berisi harapan tahun 2014 yang ditulis oleh penduduk. Demikian seperti dikabarkan AFP.

Hongkong, Pelabuhan Victoria
Di Hongkong, pusat perayaan tahun baru akan dilakukan di garis satu kilometer di sepanjang pelabuhan Victoria. Malam pergantian tahun akan dimeriahkan dengan kembang api yang dinyalakan dari atas gedung-gedung pencakar langit.
 
 
 

Previous
Next Post »