Siapa yang Menciptakan Rambu Lalu Lintas?

Setelah munculnya mobil, pengtur lalu lintas pertama adqlah polisi yang mengatur lalu lintas dengan tangan. Kemudian mereka diberi lampu lalu lintas yang dapat digunakan dengan tangan. Baru pada tahun 1920an lampu lalu lintas otomatis pertama kali digunakan.

Tapi lampu ini meninggalkan masalah yang tidak terpecahkan. Jumlah laly lintas yang mepewati sebuah jalan berubah sepanjang hari.

Pada tahun 1927, dua orang mengajukan hak cipta untuk pengatur "lalu lintas penggerak". Ini adalah lampu lalu lintas yang dirancang agar sesuai dengan jumlah kendaraan yang melewati perempatan pada saat tertentu. Salahsatu lampu ini, diciptakan oleh Harry Haugh dari Universitas Yale, pertama kali dipasang di New Haven, Connecticut pada bulan Apeil 1928.

Alat ini bekerja dengan detektor tekanan yang dipasajg di atas jalan. Sebuah mobil yang melintasi detektor memberi tanda kepada "kotak panggilan" di tiang lampu, yang menebabkan lampu berubah menjadi hijau bagi kendaraan yang lewat. Jenis lampu lalu lintas ini, dengan beberapa perubahan, masih digunakan sekarang ini.

Charles Adleer, juga pada tahun 1928, menciptakan lampu lalu lintas yang menggunakan mikrofon untuk mengaktifkan kotak pemanggil. Kalau pengendara yang berhadapan dengan lampu merah menyembunyikan klaksonnya, mikrofon meneruskan suara ke kotak kotak pemanggil, yang menyebabkan lampu berubah warna. Sekarang, ada jenis pengatur lalu lintas lainnya yang menggunakan suara untuk mengubah lampu.
Previous
Next Post »