Keadaan Bangsa Arab Sebelum Islam

  • Orang-orang Arab sebelum kedatangan islam, adalah orang-orang yang menyekutukan Allah (musrik), yaitu mereka menyembah patung-patung yang dianggap suci.
  • Kebiasaan mereka adalah membunuh anak laki-laki mereka karena takut kemiskinan dan kelaparan. 
  • Mereka tanam anak-anak perempuan mereka hidup-hidup karena takut malu dan celaan.
  • Mereka adalah orang yang suka berselisih, yang suka bertengkar, lantaran sekecil-kecil sebab, segolongan dari mereka memerangi akan segolongannya.
 
Masa sebelum kedatangan Islam dikenal dengan zaman jahiliyah. Dalam Islam, periode jahiliyah dianggap sebagai suatu kemunduran dalam kehidupan beragama. Pada saat itu masarakat Arab jahiliyah mempunyai kebiasaan-kebiasaan buruk seperti meminum minuman keras, berjudi, dan menyembah berhala. Melihat peristiwa diatas, apakah keadaan pada zaman jahiliyah itu terjadi juga pada zaman sekarang ini?
 
Keadaan orang-orang Arab sebelum datangnya Islam sangat mengkhawatirkan sekali. Sebab, pada zaman jahiliyyah ini rata-rata orang Arab mempunyai sifat ketidakadilan, kejahatan, juga keyakinan terhadap tahayul. Mereka menyembah berhala yang terbuat dari batu yang mereka buat sendiri, dengan bentuk yang bermacam-macam. 
 
jika mereka memiliki akhlak yang rendah dan berlaku tidak adil terhadap sesama manusia. Dan dari sinilah Allah SWT mengutus Rasulullah SAW untuk meluruskan akhlak dan perbuatan masyarakat Arab. 
 
Previous
Next Post »