Masalah Pokok Ekonomi

Dalam setiap kegiatan ekonomi pasti akan timbul suatu permasalahan. Masalah ekonomi yang dihadapi para pelaku ekonomi tentu sangat beragam. Mulai dari pengangguran, inflasi, kemiskinan, penurunan pendapatan, dan banyak lainnya.


1. Masalah ekonomi menurut aliran klasik
Menurut teori ilmu ekonomi klasik, masalah ekonomi yang timbul dapat digolongkan kepada 3 permasalahan, yaitu masalah produksi, konsumsi, dan distribusi.



2. Masalah ekonomi menurut aliran modern
Masalah ekonomi yang timbul menurut aliran modern pada dasarnya hampir sama. Masalah pokok ekonomi tersebut adalah :



A. Apa yang akan diproduksi? 
Dalam kegiatan produksi pasti sangat ditentukan oleh tersedianya sumber daya/faktor produksi serta selera masyarakat yang didukung daya beli. Mengingat sumber daya produksi yang tersedia terbatas, masyarakat harus menentukan jenis dan jumlah barang dan jasa yang akan diproduksi. Dalam melakukan pilihan masyarakat membandingkan tersedianya faktor produksi atau sumber daya untuk berbagai macam dan banyaknya kebutuhan sehingga harus mengalokasikan faktor produksi tersebut di antara berbagai penggunaan.



B. Bagaimana cara memproduksi?
Dengan keterbatasan sumber daya ekonomi yang tersedia para produsen harus mampu menciptakan teknik produksi yang efisien.


C. Untuk siapa barang/jasa diproduksi? 
Setiap barang yang diproduksi harus memiliki target pemasaran. Untuk siapa atau lapisan masyarakat mana yang dapat menikmati barang dan kasa yang diproduksi 
Previous
Next Post »