Hewan Tercepat di Darat, Air, dan Udara

Di dunia ini terdapat banyak hewan yang memiliki kecepatan yang luar biasa. Kecepatan sangat lah berpengaruh terhadap kelangsungan hidup mereka. Tuhan memberikan kecepatan kepada hewan dengan tujuannya masing masing seperti memburu mangsanya ataupun lari menghindar dari dari kejaran predator. Untuk bertahan hidup hewan sangat tergantung pada seberapa cepat mereka dapat berlari. 

Tercepat di Darat :
Cheetah (70 mph atau 112,65 km/jam)


Inilah hewan yang dapat berlari dengan sangat cepat, cheetah adalah hewan tercepat di darat yang berlari dengan kecepatan maksimum mencapai 70 mph atau 112,65 km/jam. Sebagai predator, cheetah harus dapat berlari dengan sangat cepat melebihi buruannya. Cheetah mampu mempercepat berlarinya dan yang berhasil dicatat adalah hanya dalam waktu 3 detik cheetah dapat menempuh jarak 0 hingga 110km/jam -lebih cepat dari mobil sport tercepat. Namun cheetah tidak dapat mempertahankan kecepatan berlarinya lebih dari 10 menit. Semua bagian anatomi tubuh cheetah berperan penting dalam kemampuannya dalam berlari dengan sangat cepat dan menjadi hewan darat tercepat di bumi. Tuhan menciptakan jantung, paru-paru, hati hingga rongga hidung dengan ukuran yang besar ternyata mempunyai tujuan agar cheetah dapat menghirup udara sebanyak-banyaknya yang menghasilkan tenaga yang maksimum. Kepala cheetah yang kecil juga memiliki andil dalam mengurangi rintangan angin. Ekornya berfungsi sebagai penyeimbang sewaktu cheetah melakukan sprint. Cheetah banyak mendiami wilayah Afrika. Karena spesies yang mulai mengalami kepunahan maka dilakukan usaha suaka, seperti di Taman Nasional Serengeti di Tanzania.

Tercepat di Air :
Ikan Layaran atau Sailfish (110 km/jam)

Sailfish atau Ikan Layar adalah dua jenis ikan di dalam genus Istiophorus yang tinggal di perairran hangat samudra -samudra dunia .Kebanyakan berwarna biru keabu- abuan dan memiliki sirip punggung tegak yang mirip dengan layar kapal.Ciri penting lainnya adalah moncong yang memanjang, menyerupai moncong ikan todak.
Hewan ini adalah hewan tercepat di lautan, ikan ini dapat berenang hingga mencapai kecepatan 110 km/jam atau sekitar  70mph.

Tercepat di Udara :
Peregrine Falcon (160-320 km/jam)

Spesis ini pertama kali dideskripsikan oleh Marmaduke tunstall pada tahun 1771 dalam bukunya “Ornithologia Britannica”. Studi “flight physics” secara teori terhadap burung ini memberi kecepatan maksimum 400 km/jam ketika terbang pada ketinggian rendah [low altitude flight] dan 625 km/jam [390 mph] ketika terbang pada ketinggian yang tinggi [high altitude flight]. Secara experimental, rekor yang pernah dicatat oleh burung ini, ketika diteliti oleh Ken Franklin pada tahun 2005, yaitu mencapai 389 km/jam [242 mph].
Previous
Next Post »