Kapan Mandi itu Dipandang Sunah ?

 
Mandi mempunyai hukum dan fungsi yang banyak. Salah satunya adalah untuk membersihkan najis dan kototran. Fungsi mandi yang lainnya untuk mengembalikan kesegaran dan kebugaran badan, untuk menjaga dan memelihara kebersihan badan pada selang waktu yang tidak berjauhan, sehingga badan tidak terserang penyakit. Manfaat lain dari mandi ialah untuk tidak mengganggu orang lain dengan bau yang tidak sedap dari tubuh kita, karena kotoran yang menempel. 

Sunah hukumnya melakukan mandi tatkala 
  1. Hendak melaksanakan salat Jumat. ini karena salat jumat banyak manusia yang berkumpul, sehingga sunah hukumnya untuk menghadirinya dengan tubuh yang bersih dan suci. Sebuah hadist mengatakan, "Barangsiapa berwudu pada hari jumat maka itu bagus, dan barang siapa mandi pada hari jumat maka itu lebih utama".
  2. Hendak mengerjakan salat Idul Fitri dan Idul Adha. 
  3. Hendak memakai pakaian ihram untuk melaksanakan ibadah haji.
  4. Hendak masuk ke Tanah Haram Mekah.
  5. Hendak wukuf di padang Arafah.
  6. Setelah memandikan mayat. Berdaarkan hadist, "Barangsiapa memandikan mayat maka hendaklah dia mandi".
Demikian juga, seseorang dianjurkan untuk mandi tatkala hendak menghadiri suatu kegiatan yang dihadiri orang banyak, seperti ketika hendak mengerjakan tawaf, yaitu mengelilingi Ka'bah, ketika melakukan sai antara Safa dan Marwah, dan sebagainya.
Wallahualam. 
Previous
Next Post »