Faktor Penyebab Persebaran Mahluk Hidup Tidak Merata

1. Perbedaan faktor-faktor iklim berupa suhu, curah hujan, kelembapan, dan angin.
Keberadaan bermacam-macam tumbuhan di suatu tempat sangat dipengaruhi oleh faktor iklim terutama curah hujan dan suhu udara. Kehidupan hewan dan manusia juga dipengaruhi oleh keadaan tumbuhan dan iklim. Maka dari tu, di setiap wilayah mahluk hidup berbeda-beda.

2. Keadaan tanah yang berbeda. Seperti humus tanah, tekstur tanah, tingkat kesuburan, kandungan mineral hara, air tanah, dan kandungan udara. 
Faktor ini juga sangat berpengaruh terhadap persebaran tumbuhan. karena jika suatu wilayah memiliki suatu kondisi tanah yang bagus maka otomatis akan banyak tumbuhan tumbuh subur.

3. Tinggi rendahnya permukaan bumi (Faktor Fisiografi).
Bentuk bumi yang berbeda-beda menyebabkan  suatu daerah dengan daerah lainnya memiliki intensitas pola penyinaran cahaya matahari yang berbeda-beda. Jika suatu daerah memiliki banyak intensitas penyinaran, maka dapat dipastikan daerah tersebut memiliki vegetasi yang subur dan banyak.

4. Aktivitas manusia yang mengubah bentang alam.
Tanah tandus diubah menjadi hutan dan hutan diubah menjadi daerah pertanian. Manusia juga mampu melestarikan hewan dan tumbuhan dengan teknologi modern. Hal itu menyebabkan persebaran mahluk hidup tidak merata.
Previous
Next Post »