Alam gaib, Tahayul, dan Hantu

Alam gaib sesuatu yang tidak dapat dilihat, tidak terlihat disebabkan karena mata manusia tidak mampu (sebagian ada juga yang mampu) mencapainya/melihatnya. seperti hal Jin, Malaikat, dan mahluk halus yang mana kita tidak bisa melihat nya, tetapi bagi Allah itu tidaklah gaib, karena Allah Maha Kuasa dan Melihat.
   
Kita sebagai manusia  tidak berhak bicara masalah gaib, karena hal itu pasti mengandung kekeliruan atau bahkan salah belaka. Apalagi bila iman dan Kepercayaan/tauhid kita mudah/masih goyah, bisa jadi kita terperosok ke dalam kepercayaan yang syirik. Dalam bidang inilah syetan menggelincirkan manusia ke jalan yang sesat. sesuatu yang gaib sangat menakjubkan dan memukau manusia. Cerita gaib sangat menarik untuk diperbincangkan, orang-2 enak membicarakan dan mendengarkan hal itu, dan memang kejadian gaib yang tidak ada keterangan dari agama seperti ; memedi, hantu, dan tuyul dsb. Halitulah yang dapat menggelincirkan kepercayaan manusia ke lembah syirik.

Mungkin kita sendiri sering bertanya-2, bagaimana dengan  ustadz-2 yang seperti di acara Dua dunia yang dapat melihat mahluk gaib seperti jin ? Orang-orang yang dapat melihat itu adalah orang-orang yang diijinkan oleh Allah SWT, diberitau oleh Allah SWT tentang alam gaib

Kesimpulannya dengan begini segala rahasia gaib hanya Allah SWT yang Maha Mengetahui. Bila syetan membuat sesuatu hal atau kejadian yang serba gaib, maksudnya itu tidak lain membelokan manusia ke jalan yang sesat (kepercayaan syirik)
Oldest